Pendekatan Sistem Informasi

Sistem Informasi dipelajari di berbagai disiplin ilmu, seperti :

1. Ilmu Komputer ; yang berkaitan dengan teori-teori perhitungan, metode komputasi dan metode penyimpanan dan akses data yang efisien.

2. Ilmu Manajemen ; yang memberikan penekanan pada model- model normatif dari pembuatan/pengambilan keputusan dan praktek manajemen.

3. Riset Operasional ; yang berfokus pada teknik-teknik matematis untuk mengoptimalkan parameter-parameter organisasi yang terpilih, seperti biaya transportasi, kendali persediaan dan biaya transaksi.

4. SIM ; yang memusatkan pada sistem informasi yang berkaitan dengan komputer danmerupakan gabungan/kombinasi dari ilmu komputer, ilmu manajemen dan riset operasional untuk membentuk sistem dan aplikasi.

5. Sosiologi ; yang berpusat pada pengaruh-pengaruh sosial group dan organisasi dan kegunaan sistem.

6. Ilmu Politik ; yang berkaitan dengan pengaruh-pengaruh politik dan kegunaan informasi. (mencoba untuk mengubah distribusi keuntungan dalam masyarakat)

7. Psikologi ; yang menekankan pada respon-respon individual terhadap realitas sistem dan model- model cognitive dari alasan manusia atas pekerjaan-pekerjaan, tugas seperti aplikasi mikrokomputer, database, client personal.
8. Penerbangan ; digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket.

9. Penjualan ; yang diterapkan di pasar swalayan dengan dukungan barcode reader untuk mempercepat pemasukan data dan Penjualan secara kredit agar dapat memantau hutang pelanggan yang jatuh tempo.

10. Pelayanan akademis ; yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester.

11.Kesehatan ;Sistem smart card yang dapat digunakan tenaga medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien.
 

0 Response to "Pendekatan Sistem Informasi"

Posting Komentar

Powered by Blogger